Bukti LHI Pengaruhi Mentan Adalah Bohong, Karena Kebijakannya Malah Sebaliknya

- 11:08 PM
advertise here
advertise here
Luthfi Hasan Ishaaq  (LHI) yang dijadikan tersangka kasus impor daging sapi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak pernah berupaya mempengaruhi Menteri Pertanian Suswono untuk memberikan tambahan kuota kepada PT. Indoguna.

Kuasa hukum LHI, Zainuddin Paru menegaskan hal itu di Gedung KPK, Jumat (26/4). Zainudin menemani LHI yang  kembali diperiksa penyidik KPK.

Hal itu bisa dilihat dari tidak adanya perubahan kebijakan impor daging sapi, setelah pertemuan Medan, yang disebut-sebut sebagai pertemua untuk mengubah kuota impor daging sapi.

“Pertemuan di Medan terjadi tanggal 11 Januari 2013, tanggal 22 Januari 2013 Mentan Suswono mengirim surat kepada Menko Perekonomian bahwa tidak
perlu tambahan kuota, karena stok dalam negeri sudah cukup,” jelas Zainuddin.

Pertemuan Medan, imbuh Zainuddin, hanya diskusi tentang data kebutuhan daging sapi di dalam negeri. Maria Elizabeth mengkritisi data kebutuhan daging sapi yang dimiliki Kementan, yang menurutnya kurang akurat.

Mentan bertahan karena data yang dimiliki bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, karena berdasar hasil survei ternak yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), dan sudah diuji oleh sejumlah akdemisi dan pakar perguruan tinggi.

Pertemuan Medan, kata Zainuddin, kesimpulannya adalah data yang dimiliki Maria Eliizabeth perlu diuji secara ilmiah melalui seminar, yang melibatkan pakar-pakar dari berbagai perguruann tinggi.

“Uang Rp. 1 miliar yang diberikan kepada AF (Ahmad Fathanah) itu untuk biaya seminar,” tukas Zainuddin.

Zainuddin tidak memungkiri LHI yang menjembatani pertemuan Maria Elizabet dengan Mentan Suswono. Namun, itu didasari atas keinginan LHI untuk membantu Mentan mencari terobosan agar harga daging yang kadung melambung tinggi dapat diturunkan.

“LHI beranggapan, pihak pengusaha yang tahu kondisi lapangan, mungkin bisa membantu mencari solusi,” katanya lagi. (suaranews)
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search