Program 7 hari Anda untuk pengembangan diri

Sepertinya saya belum bisa menghitung berapa kali saya membaca dan mendengar tentang hampir semua pernikahan selebriti gagal kiri dan kanan. Bukannya saya peduli (dan saya pribadi tidak peduli), rasanya aneh kalau kita sering melihat bintang film dan TV sebagai orang yang tanpa cela, menjalani kehidupan fantasi yang penuh kekayaan dan glamor. Saya pikir kita semua harus berhenti mengubur kepala kita di awan dan menghadapi kenyataan.

Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa percaya diri, betapapun sepelenya hal itu. Namun apa pun yang terjadi, kita semua harus berusaha untuk tidak kehilangan kesadaran diri.

Jadi apa yang diperlukan untuk menonjol dari yang lain? Berikut beberapa hal yang dapat Anda pikirkan dan tingkatkan yang seharusnya cukup untuk seminggu.

1. Ketahui tujuan Anda
Apakah Anda menjalani hidup dengan sedikit arah – berharap menemukan kebahagiaan, kesehatan, dan kemakmuran? Tentukan tujuan hidup atau pernyataan misi Anda dan Anda akan memiliki kompas unik Anda sendiri yang akan memandu kebenaran Anda ke utara setiap saat.

Ini mungkin tampak sulit pada awalnya ketika Anda melihat diri Anda berjalan di jalan sempit atau bahkan jalan buntu. Namun selalu ada celah kecil untuk membalikkan keadaan dan Anda dapat membuat perbedaan besar bagi diri Anda sendiri.

2. Ketahui nilai-nilai Anda
Apa yang paling Anda hargai? Buatlah daftar 5 nilai teratas Anda. Beberapa contohnya adalah keamanan, kebebasan, keluarga, perkembangan spiritual, dan pembelajaran. Saat Anda menetapkan tujuan Anda untuk tahun 2005 – periksa tujuan Anda dengan nilai-nilai Anda. Jika suatu tujuan tidak selaras dengan salah satu dari lima nilai besar Anda, Anda mungkin perlu meninjau kembali atau merevisinya.

Angka tersebut seharusnya tidak membuat Anda putus asa, melainkan memotivasi Anda untuk melakukan lebih dari yang pernah Anda impikan.

3. Ketahui kebutuhan Anda
Kebutuhan yang tidak terpenuhi dapat menghalangi Anda untuk hidup secara otentik. jaga dirimu. Apakah Anda perlu diakui, menjadi benar, memegang kendali, untuk dicintai? Banyak orang yang menjalani hidupnya tanpa mencapai impiannya dan kebanyakan dari mereka akhirnya menjadi stres atau bahkan depresi karenanya. Buat daftar empat kebutuhan terpenting Anda dan penuhi sebelum terlambat!

4. Ketahui emosi Anda
Anda tahu siapa Anda dan apa yang sebenarnya Anda nikmati dalam hidup. Hambatan seperti keraguan dan kurangnya antusiasme hanya akan menghalangi, namun tidak akan menggagalkan peluang Anda untuk menjadi orang yang Anda inginkan. Ekspresikan diri Anda dan hargai orang-orang yang telah menginspirasi Anda untuk menjadi orang yang Anda inginkan.

5. Hidup dari dalam ke luar
Tingkatkan kesadaran Anda akan kebijaksanaan batin Anda dengan secara teratur melakukan refleksi dalam keheningan. Terhubung dengan alam. Tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan pikiran Anda yang terganggu. Bagi sebagian besar penduduk kota, sulit menemukan kedamaian dan ketenangan yang kita inginkan bahkan di rumah kita sendiri. Dalam kasus saya, saya sering duduk di ruangan yang remang-remang dan memainkan musik klasik. Memang ada suaranya, tapi musiknya menenangkan binatang buas itu.

6. Hargai kekuatan Anda
Apa kualitas positif Anda? Bakat khusus apa yang Anda miliki? Daftar 3 – Jika Anda menemui suatu masalah, mintalah orang terdekat Anda untuk membantu mengidentifikasinya. Apakah Anda kreatif, pintar, dan mahir menggunakan tangan Anda? Temukan cara untuk mengekspresikan diri Anda yang sebenarnya melalui kekuatan Anda. Rasa percaya diri Anda bisa meningkat ketika Anda bisa membagikan apa yang Anda ketahui kepada orang lain.

7. Melayani orang lain
Ketika Anda hidup secara otentik, Anda mungkin menemukan bahwa Anda mengembangkan perasaan terhubung. Ketika Anda jujur ​​pada siapa diri Anda, mewujudkan tujuan Anda dan memberikan hadiah Anda kepada dunia di sekitar Anda, Anda menawarkan dalam pelayanan apa yang ingin Anda bagikan kepada orang lain – jiwa dan esensi Anda. Imbalan yang Anda peroleh karena membagikan hadiah Anda kepada orang-orang terdekat Anda memang bermanfaat, terlebih lagi jika itu di mata orang asing yang bisa menghargai apa yang telah Anda lakukan untuk mereka.

Perbaikan diri sebenarnya adalah jenis pekerjaan yang bermanfaat. Itu tidak harus selalu berada dalam batas-batas gedung perkantoran, atau mungkin di empat sudut ruangan pribadi Anda. Perbedaannya terletak pada diri kita sendiri dan keinginan kita untuk berubah menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *