Ide Hadiah DIY : Membuat Celemek

Jika Kamu sedang mencari ide hadiah buatan tangan untuk seseorang yang spesial, orang tersebut mungkin menginginkan celemek. Ketika kita memikirkan celemek, kita sering memikirkan ibu dan nenek di dapur, namun pria juga sering mendapat manfaat dari memiliki celemek. Mereka sering menikmati barbekyu karena satu alasan. Mereka juga bisa menggunakan celemek di bengkel. Anak-anak juga dapat menggunakan celemek untuk berbagai aktivitasnya, seperti seni dan kerajinan. Di bawah ini adalah petunjuk sederhana untuk membuat kado buatan tangan dari celemek yang dapat disesuaikan untuk siapa saja.

Mulailah dengan kain kokoh yang cocok untuk orang yang Kamu buatkan hadiah buatan tangan. Kainnya harus cukup lebar untuk membungkus sekitar 1/2 hingga 3/4 dan cukup panjang untuk menutupi dari tulang selangka hingga tepat di atas lutut. Untuk orang dewasa berbadan besar, lebar 25 hingga 30 inci dan panjang 36 hingga 40 inci sudah cukup. Orang dewasa yang lebih ramping dapat menggunakan celemek yang lebih sempit, tetapi jika mereka akan menyeka tangan di sisi tubuh, mereka mungkin akan menyukai celemek yang lebih lebar. Celemek untuk anak usia 10 tahun bisa dimulai dengan sepotong kain yang lebarnya sekitar 18 inci dan panjang 25-30 inci.

Jenis kain yang terbaik untuk digunakan adalah kain katun yang kuat, seperti denim atau twill kelas menengah. Bahan katun lembut seperti kain lap atau kain muslin cocok untuk digunakan di dapur, namun tidak akan bertahan lama, dan tidak akan tahan sama sekali di taman atau bengkel. Bahan lain yang Kamu perlukan adalah benang dan mesin jahit. Kamu juga memerlukan kain ekstra yang cukup untuk membuat ikat pinggang untuk dililitkan di leher dan pengikat di bagian belakang dan saku.

Saat mendesain kado buatan tangan, Kamu bisa berkreasi sesuai keinginan dengan kantong. Setiap pekarangan lebih bermanfaat jika ada kantong. Misalnya, seseorang yang membersihkan rumah mungkin menggunakan kantong untuk barang-barang yang diambilnya, botol semprot, spons, dan sikat pembersih.

Untuk membuat celemek, lipat kain memanjang. Ini akan memungkinkan Kamu memotong bentuknya menjadi satu bagian, membuat kedua sisinya sama. Yang akan Kamu bentuk saat melakukan pemotongan adalah bagian bib pada celemek. Bib dewasa harus memiliki lebar sekitar 9 inci. Ukur dari lipatan kira-kira 5-1/2 inci. Ini adalah setengah lebar celemek ditambah satu inci yang bisa dilipat dua kali untuk membentuk ujungnya. Potongan yang akan dipotong dari samping untuk membentuk apron akan berbentuk setengah peluru dengan ujung peluru menjadi tempat pengikatan ikatan. Bentuk setengah peluru harus memiliki panjang sekitar satu kaki, dan lebarnya mulai dari titik yang Kamu tKamui 5-1/2 inci dari lipatan hingga tepi luar kain. Jika potongan-potongan ini dipotong, hasilnya akan menjadi potongan kain berbentuk celemek.

Sekarang hiasi celemek dengan saku dan dekorasi lain yang Kamu inginkan. Selanjutnya, saatnya melipat bagian bawah tepi sekeliling dan menjahit dengan jahitan yang kuat untuk membuat keliman yang indah di sekeliling hadiah buatan tangan. Potong dua potong kain dengan panjang satu yard dan lebar dua inci. Lipat memanjang dan lipat tepi mentah ke dalam. Tekan dan jahit sepanjang untuk membuat ikatan. Pasangkan ikatan di pinggang hadiah kerajinan celemek. (Jika tali ini tampak agak panjang, itu karena banyak orang yang suka mendekatkan tali ke depan dan mengikatnya di sana.) Potong kain lain dengan panjang 18 hingga 20 inci dan lebar 5 inci, lalu lipat menjadi dua memanjang dan tekan dia. Tekan lagi, sehingga tepi kasar sisi panjangnya menjadi kurang dari 1/2 inci. Jahit sisi yang terbuka. Sematkan potongan ini pada kedua sisi bagian atas celemek, lalu jahit ke bagian belakang celemek dan jahit ke sisi depan celemek. Hati-hati jangan sampai terpelintir saat memasangnya.

Orang yang bekerja keras di rumah, memanggang, dan di bengkel akan menghargai anugerah celemek yang kokoh dari pengrajin. Mereka akan sering menghargai upaya dan tekad yang Kamu berikan untuk membuat hadiah buatan tangan yang dapat mereka gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *