"Kecerdasan Buatan Ancaman Bagi Umat Manusia"

- 8:08 AM
advertise here
advertise here
Los Angeles - Tak hanya Stephen Hawking saja yang khawatir dengan pesatnya perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), ternyata Bill Gates pun mengutarakan hal serupa.

Bill Gates mengatakan bahwa umat manusia seharusnya mengkhawatirkan ancaman yang ditimbulkan oleh kecerdasan buatan. Pendiri Microsoft itu mengatakan, kecerdasan buatan ini bisa berkembang pesat dan ia heran dengan orang-orang yang merasa tidak terganggu dengan keberadaannya, demikian lansir BBC.

Pernyataan Bill Gates tersebut bertentangan dengan salah satu kepala penelitian Microsoft, Eric Horvitz, yang mengatakan ia tidak melihat kecerdasan buatan ini sebagai ancaman yang fundamental. Horvitz mengatakan seperempat karyawannya fokus dengan kecerdasan buatan.

Dalam sesi tanya jawab di situs Reddit, Gates menulis, "Saya peduli dengan kecerdasan super. Pertama, mesin akan melakukan banyak pekerjaan untuk kita dan kita menjadi tidak cerdas. Oleh karenanya, mesin kecerdasan akan menjadi suatu hal yang positif jika kita mengelolanya dengan benar."

Ia melanjutkan, "Saya sepakat dengan Elon Musk dan beberapa orang lainnya bahwa setelah beberapa dekade topik tentang kecerdasan masih akan menjadi perhatian. Namun, saya tidak mengerti mengapa sebagian besar orang lainnya tidak peduli tentang hal ini."

Sebelumnya, fisikawan ternama Stephen Hawking menyebutkan jika pengembangan kecerdasan buatan (yang bisa berpikir) secara penuh bisa mengakhiri keberadaan manusia.

Ia memang mengakui bahwa bentuk kecerdasan buatan yang dikembangkan sejauh ini terbukti sangat bermanfaat, namun dirinya khawatir dengan konsekuensi teknologi ini yang pada akhirnya dapat melampaui kemampuan otak manusia, yang evolusinya lambat.

"Umat manusia, yang terbatasi oleh evolusi biologis yang lambat, tidak akan mampu bersaing dan akan tertinggal," kata Hawking. [ikh/inilah]
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search