Negara Teluk Kecam Kudeta Syiah Houthi di Yaman

- 8:17 PM
advertise here
advertise here
DEWAN Kerjasama Negara Teluk (GCC) menuduh pemberontak Syiah Houthi melakukan kudeta setelah mereka mengumumkan pembubaran parlemen dan membentuk pemerintahan baru, kantor berita resmi Kuwait KUNA mengatakan Sabtu kemarin (7/2/2015).

“Kudeta Houthi Ini adalah eskalasi berbahaya yang kita tolak dan tidak dapat diterima. Langkah mereka ini benar-benar bertentangan dengan semangat pluralisme dan koeksistensi di Yaman,” kata GCC seperti dikutip oleh kantor berita KUNA.

GCC menyebut pengambilalihan kekuasaan di Yaman ancaman bagi keamanan dan stabilitas kawasan dan kepentingan rakyat Yaman.

Sebelumnya pemberontak Syiah Houthi membubarkan parlemen pada hari Jumat lalu dan mengatakan akan membentuk pemerintah sementara yang baru.

Pemimpin Houthi, dalam pidato yang disiarkan televisi mengatakan mereka memperluas seruan ke semua faksi politik untuk kemitraan, kerjasama serta persaudaraan dan sekarang semua orang memikul tanggung jawab untuk membangun, bukan membuat kehancuran.

Ketidakstabilan di Yaman telah menarik perhatian internasional karena Yaman berbagi perbatasan dengan negara eksportir minyak dunia Arab Saudi.[fq/islampos]
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search