Waspadai Banjir Lahar Dingin dari Gunung Semeru

- 8:25 AM
advertise here
advertise here
LUMAJANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengimbau warga di sepanjang jalur lahar Gunung Semeru mewaspadai banjir lahar dingin.

Seruan ini menyusul curah hujan meningkat di Lumajang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan tinggi melanda Kabupaten Lumajang sampai 3 Februari 2015.

"Kami terus memantau kondisi Daerah Aliran Sungai yang dilewati lahar Semeru. Sejauh ini masih aman meski terjadi peningkatan debit air," ujar Kepala Bidang Kebencanaan BPBD Lumajang Hendro Wahyono, Senin (2/2/2015).

BPBD Kabupaten Lumajang tetap meminta warga berhati-hati dan waspada, terutama para penambang di kali. Karena jika curah hujan deras, dikhawatirkan lahar dingin turun dari puncak Gunung Semeru.

"Bisa jadi di bawah tidak ada hujan, tetapi di atas hujan. Hujan dari kawasan atas lah yang harus diwaspadai karena membawa material lahar dingin itu," tegas Hendro.

Setidaknya ada enam kecamatan di lereng Gunung Semeru sebagai daerah yang harus mewaspadai ancaman lahar dingin, yakni Kecamatan Tempursari, Pasrujambe, Candipuro, Tempeh, Pasirian, dan Pronojiwo.

Sementara DAS yang dilewati lahar dingin Gunung Semeru yakni Sungai Besuk Sat, Besuk Kobokan, Besuk Kembar, dan Besuk Bang.(tribunnews)
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search