Taklukkan Stres: Cara Sederhana Mengelola Stres dalam 5 Menit Sehari

Temukan rahasia mengelola stres dengan lebih santai dalam 5 menit sehari. Saksikanlah keajaibannya!

Kita semua punya ungkapan favorit ketika bicara tentang stres, dan saya tidak akan menyebutkannya satu per satu karena bisa berbeda dalam berbagai bahasa. Tapi pada akhirnya, saya pikir itu adalah bagaimana kita bekerja atau bahkan bersantai, yang memicu stres. Pernah merasa stres bahkan ketika Anda sedang santai dan bosan? Saya tahu saya pernah.

Karena stres tidak bisa dihindari dalam hidup, penting untuk menemukan cara untuk mengurangi dan mencegah kejadian stres serta mengurangi reaksi negatif terhadap stres. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan hanya dengan mengingatnya, karena hidup pada dasarnya adalah rutinitas seperti menyikat gigi atau sarapan. Anda bisa melakukannya dalam waktu yang lebih lama, tetapi seperti yang dikatakan orang-orang — setiap menit berharga.

  • Mengelola Waktu

Keterampilan manajemen waktu dapat memberi Anda lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman Anda serta mungkin meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda. Ini akan membantu mengurangi stres Anda.

Untuk meningkatkan manajemen waktu Anda:

  1. Hemat waktu dengan fokus dan konsentrasi, delegasi, dan penjadwalan waktu untuk diri sendiri.
  2. Catatlah bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda, termasuk waktu kerja, keluarga, dan waktu luang.
  3. Prioritaskan waktu Anda dengan menilai tugas berdasarkan pentingnya dan urgensi. Alihkan waktu Anda ke aktivitas yang penting dan bermakna bagi Anda.
  4. Kelola komitmen Anda dengan tidak terlalu berkomitmen atau kurang berkomitmen. Jangan berkomitmen pada hal yang tidak penting bagi Anda.
  5. Atasi penundaan dengan menggunakan agenda harian, memecah proyek besar menjadi proyek-proyek kecil, dan menetapkan batas waktu jangka pendek.
  6. Periksa kepercayaan Anda untuk mengurangi konflik antara apa yang Anda percayai dan seperti apa kehidupan Anda.
  7. Bangun Strategi Penanganan yang Sehat

Penting bagi Anda untuk mengidentifikasi strategi penanganan Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mencatat peristiwa stres, reaksi Anda, dan bagaimana Anda menangani situasi tersebut dalam jurnal stres. Dengan informasi ini, Anda dapat bekerja untuk mengubah strategi penanganan yang tidak sehat menjadi yang sehat — yang membantu Anda fokus pada hal positif dan apa yang bisa Anda ubah atau kendalikan dalam hidup Anda.

  • Gaya Hidup

Beberapa perilaku dan pilihan gaya hidup memengaruhi tingkat stres Anda. Mereka mungkin tidak langsung menyebabkan stres, tetapi mereka dapat mengganggu cara tubuh Anda mencari kelegaan dari stres. Cobalah untuk:

  1. Menyeimbangkan kebutuhan dan kewajiban pribadi, pekerjaan, dan keluarga.
  2. Memiliki tujuan hidup yang jelas.
  3. Tidur cukup, karena tubuh Anda pulih dari stres sepanjang hari saat Anda tidur.Makan makanan seimbang untuk pertahanan nutrisi terhadap stres.
  4. Lakukan olahraga sedang sepanjang minggu.
  5. Batasi konsumsi alkohol.
  6. Jangan merokok.
  • Dukungan Sosial

Dukungan sosial adalah faktor utama dalam bagaimana kita mengalami stres. Dukungan sosial adalah dukungan positif yang Anda terima dari keluarga, teman-teman, dan komunitas. Ini adalah pengetahuan bahwa Anda dicintai, dihargai, dan dihormati. Semakin banyak penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara dukungan sosial dan kesehatan mental dan fisik yang lebih baik.

  • Mengubah Cara Pandang

Ketika suatu peristiwa memicu pemikiran negatif, Anda mungkin mengalami rasa takut, ketidakamanan, kecemasan, depresi, kemarahan, rasa bersalah, dan perasaan tidak berharga atau tidak berdaya. Emosi-emosi ini memicu stres dalam tubuh, sama seperti ancaman nyata. Menangani pemikiran negatif Anda dan cara Anda melihat hal-hal dapat membantu mengurangi stres.

  1. Menghentikan pemikiran membantu Anda menghentikan pemikiran negatif untuk membantu menghilangkan stres.
  2. Membantah pemikiran irasional membantu Anda menghindari membesar-besarkan pemikiran negatif, mengantisipasi yang terburuk, dan menafsirkan suatu peristiwa secara salah.
  3. Memecahkan masalah membantu Anda mengidentifikasi semua aspek dari suatu peristiwa stres dan menemukan cara untuk menghadapinya.
  4. Mengubah gaya komunikasi Anda membantu Anda berkomunikasi dengan cara yang membuat pandangan Anda dikenal tanpa membuat orang lain merasa diremehkan, bermusuhan, atau terintimidasi. Ini mengurangi stres yang disebabkan oleh komunikasi yang buruk. Gunakan tangga asertivitas untuk meningkatkan gaya komunikasi Anda.

 

Bahkan penulis seperti saya bisa merasa stres meskipun kami hanya menggunakan tangan kami untuk berbicara, tetapi harus duduk selama 7 atau 8 jam sudah cukup membuat stres dan kami memiliki cara sendiri untuk meredakannya. Baik Anda adalah orang yang mengantarkan surat, CEO, atau mungkin orang tua pekerja rata-rata, stres adalah tamu yang tidak diinginkan yang ingin Anda singkirkan dari rumah Anda, terutama dari hidup Anda.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *